Script Podcast

SCRIPT PODCAST

 “ REAL FRIENDS VS FAKE FRIENDS “

 

[Opening ]

Eyyow  time to podcast cheek // Halo semuanya kenalin nama gue Elis/dan selamat datang di Obat Cash /Obrolan Bareng Teman di Podcast / Jadi ini adalah Podcast perdana gue di Senin pagi dengan semangat pagi tentunya// gue di sini gak sendirian gue ditemenin sama bintang tamu yang spesial / karena gua langsung datangin 4 bintang tamu sekaligus/wadaw gak tuh / dan 4 bintang tamu ini merupakan teman – teman gue yaitu yang pertama ada Delia / yang kedua ada Ladisa / yang ketiga ada Elma / dan yang terakhir ada Wiwin.

Elis      : “ Di Pagi hari ini kita akan membahas suatu topik tentang pertemanan // jadi kali ini gue bakalan ngangkat tema podcast dengan judul Real Friends VS Fake Friends “

Delia   : “Wadu Bahaya Bahasannya”

Wiwin : “ Temanya OMG “

Ladisa : “ Aku punya Real Friends gak ya?“

Elma   : “ Aduh aku tu kayak gak punya fake friends /kalian semua tuh real friends gitu hahaha perkataan gue tadi aja udah fake banget “

 

Elis      : “Sebelum kita kenal lebih jauh dari temanya gue pengen tahu dari kalian masing-masing tentang apa sih itu teman tapi gua batasin 3 kata//coba gue mau tanya wiwin/sebutkan 3 kata yang menggambarkan apa itu teman?”

Wiwin : “manusia yang ada”

Elis      : “next ke Delia”

Delia   : “ada suka duka”

Elis      : “ nyambung ya dari wiwin ke Delia, Kalau dari Ladisa deh”

Ladisa : “gila tanpa batas”

Elma   : “gue hampir sama kayak lu ya Fir”

Elis      : “ Elma apa ma ?”

Elma   : “ satu frekuensi absurd”

Elis      : “ oke bisa kita tarik ni ya/ manusia yang ada/ada suka duka/gila tanpa Batas /satu frekuensi absurd itu teman menurut kalian semua ya// kalau menurut gue sendiri si 3 kata tentang teman itu orang yang menerima “

 

 

[Segmen 1]

[Apa itu real friend dan fake friends, Cara dan trik menandai real friend dan fake friends di masa pandemic, dan Pengalaman fake friends/cicrle toxic]

Elis      : “nah setelah tadi udah tahu apa itu teman / gue pengen tahu ni real friend Menurut lu  apa dan friend Menurut lu apa? Siapa yang bisa ungkapin?”

Wiwin : “ kalau menurut aku ya/kalau misalkan teman yang real itu kayak gak ada yang di sembuyiin/paling yang disembunyiin tuh kayak hal hal yang harus di rahasiakan//tapi kalau yang fake itu lebih ke menusuk di belakang gitu/jadi kalau di depan itu smile tapi insidenya tu kayak moster banget gitu waw”

Elis     : “kalau dari pandangan sosok Elma ?”

Elma   : “real friend itu yang tau diri kita tu kayak gimana/yang mau nerima kita baik dan buruk//kalau yang fake itu yang smile di depan gak tau di belakang kayak apa”

Ladisa : “Kalau menurut gue ya real friend itu sesimple dia enggak akan tersinggung sama omongan gue Karena dia udah tahu siapa / sementara kalau yang fake friends lebih ke ini sih orang yang ada yang datang cuma pas butuh doang”

Delia   : “Kalau gue sih rangkum aja kali Semuanya ya/ temen  real itu temen yang gak peduli kita segila apa mereka tetap merangkul asik// kalo fake friend yang selewat-selewat gitu/ yang nggak bisa frekuensi /sama aja kali ya gue pusing mikir hahaha”

Elis      : “oke deh/kalau pengertian real Friend menurut gua sendiri gak jauh beda Jadi kalau real friend itu benar tadi bisa menerima  /orang yang selalu ada/ dan kalau yang fake friends lebih ke munafik dan memanfaatkan”

Delia   : “ uh pedas-pedas”

Elis      :“oke setelah real friend dan fake friend/ di era pandemic gini kan ngebedain real Friend dan fake friend itu agak sulit kalau dari lu lu pada nih ada cara atau trik-trik khusus enggak sih buat lu yang baru kenal sama teman dan lu bisa ngebedain mana real friends dan fake friends? Dari Wiwin lagi deh “

Wiwin : “ kalau gua sih yang pertama stalk ig nya dulu/terus gua baca baca ni orang kayak gimana/rajin -rajin buka snapgramnya dia gitu kan/apalagi pandemic gini kan belum kenal sama sekali belum ketemu hanya lewat online kita tuh/ terus ya kayak gitu nanti kelihatan dong dikit-dikit karakter dia kayak gimana/ Udah gitu lewat yang lebih khusus lagi lewat WA kayak gitu/Nanti ketahuan lah dari cara bicara dia kayak gimana ya gitu deh pokoknya”

Elis     : “ Oke Jadi lu cari tahu dulu ya asal-usulnya / kalau kalau di era pandemic kayak gini tuh yang pertama yang kita lakuin tuh pertama bener sih kita stalk dulu/ Kita cari tahu dulu /orangnya tuh kayak gimana// biar kita juga menyesuaikan sama orang itu /bukan cuman kita aja yang harus disesuaikan sama orang itu /tapi kita juga harus beradaptasi sama orang-orang baru/ dan mulai menerima orang baru tersebut”

Elis      : “ nah kalau dari lu sendiri nih //pertemanan untuk saat ini yang lu rasain tuh kayak gimana/ lebih ke Ribet kah? /banyak drama atau kayak gimana? /yang ngerasa circle nya tuh kayak ah… kayak nya gue stuck di circle yang salah nih// atau lu gak nyadar ada di circle yang salah”

Ladisa  : “ gue pernah terjebak dalam circle yang benar-benar menurut gue nggak nyaman itu waktu SMA/ yang sampai sekarang udah ketemu temen-temen SMP nah di SMA itu gue ke sekolah nggak ada satu orang punya yang kenal sama gue Karena gue Merantau waktu itu bisa dibilang merantaulah walaupun jaraknya cuma 1 jam hahaha// itu gue ngerasa hubungannya nggak ada istilah teman tapi hanya sekedar rekan/di mana di satu circle /ya itu hubungannya sama cuma saling memanfaatkan satu sama lain/sikut-sikutan/dramanya kental banget/ Anjir gue negarsa kayak kejebak// Harusnya gue nggak ada di sini bahkan karena gue bisa disebut orang daerah yang ke kotak gitu ya/ gue merasakan banget di mana Gue di pada sebelah mata saat itu// dan butuh sesuatu untuk aktualisasi diri Gue/nggak serendah itu walaupun gue dari daerah gitu// cuman kalau yang sampai sekarang circle gue sih aman-aman aja karena dari SMP Itu kagak pernah ada drama-drama deh perasaan”

Delia   : “drama tugas SBK hahaha”

Elis      : “Ada Lagi Enggak pengalaman-pengalaman dari kalian ini yang mungkin terjebak di circle yang toxic?”

Wiwin : “oke jadi pengalaman aku tuh hampir sama kayak tadi// bahkan mungkin sama ya kan karena aku SMP itu beda sama kalian kan/ aku sendiri jadi aku 3 tahun tuh kayak ngalamin Toxic gitu kan /Tapi ada satu hal yang aku pelajarin selama 3 tahun itu //jadi di akhir Aku mau perpisahan sama temen SMA /aku kayak bikin drama gitu loh murid kelas aku kana da 31 nah aku tuh 1 orang musuhin 30 anak sekelas itu/kebayang gak sih dan waktunya itu selama seminggu aku musuhin/ gini Jadi aku kayak Ngediemin mereka/ terus mereka nanya aku jawab seadanya udah pokoknya ngegambarin musuh-musuhan deh ya kayak gitu// bener bener aku tuh individual gitu kan/ Terus ada kejadian di hari Kamis yang itu nyadarin diri aku banget gitu// Jadi waktu hari Kamis kita tuh salat asar kan /karean aku musuhin mereka aku sendiri aku duluan terus aku salat ngeduluin mereka /nah habis gitu aku salat nih aku salat di depan sendiri sedangkan temen-temen aku yang ceweknya itu yang lain sekelas pada di belakang/ nah pas aku udah tahu takbirotul ihrom mukena belakang aku tuh kebuka/  jadi salah satu dari mereka yang aku musuhin itu mereka ngebenerin mukenaku/ Woi aku kayak kaget gimana ya pas aku solat tuh perasaannya campur aduk gitu/ orang yang aku musuhin tadi malah ngelindungin aku malah/nolong aku gitu//Jadi aku belajar dari 3 tahun yang aku kira aku berada di circle yang toxic itu ternyata selama ini yang salah tuh aku Sebenarnya /masalah yang selama ini gua anggep masalah tuh sebenarnya bukan masalah gitu// gue yang terlalu berlebihan gitu hahaha”

Ladisa : “ eh gue mau nambahin /Iya ini semacam kultur shock enggak tahu apa/jadi temen-temen SMA gue itu mereka bercandanya Kasar banget apa namanya pakai ngomong bahasa bahasa kasar yang no sensor gitu kalau ngomong kasar kalau kita tuh masih ada kayak diplesetin atau apa/udah gitu mereka juga sering kaya noyor/ udah mah noyor pake bahasa yang kasar terus dengan ekspresi yang ya… menurut gue itu bukan bercanda dan tapi bagi mereka itu hal yang lumrah hal yang yaudah mereka daily lakuin/gue sempet kayak apaan sih kok diperlakukan kayak gini banget…/ itu juga tuh yang bikin gue merasa tidak nyaman dalam circle gue kemarin itu bercandanya itu benar-benar yang menurutku itu melanggar norma kesopanan hahaha”

Delia   : “aku boleh nambahain gak?/kalau gue si nontonin circle temen sekelas gue gitu/di kelas gua itu ada kubu depan tengah belakang Nah gue ini Netral sama temen gue ada tuh/ yang depan ini banyakan si anggota-anggota gengnya/ salah satu anggota mereka ada yang nggak masuk karena sakit apa nggak apa gitu Gue lupa lagi nah itu lagi ngomongin gibahin sih yang enggak masuk ini Pokoknya ngomongin dia tadi gimana gini gini gini ya kayak gitu terus janjia n kita musuhin dia besok kalau dia masuk//kata gue gila... yang padahal kan mereka mau salat bareng /jajan bareng /tugas barang/ ulangan juga nyontek bareng-bareng/ Kalau akhirnya sih yang nggak masuk ini masukan besoknya/ Terus yang teman sebangkunya juga kayak serba salah gitu kan mau ngediemin ya Gimana gitu? Kalau zaman SD kan gampang gitu kalau mau jauhin ya udah aja gitu jauhin kalau SMA kan agak susah/mereka itu kayak benar-benar enggak punya muka banget.”

Elis      : “parah banget sih menurut gua /Jadi mereka tuh udah saling tahu karakter dari masing masing anggotanya/tapi mereka masih pertahanin circle itu/mereka tau salahya dimana cuman gak amau coba ke arah pertemanana yang sehat”

Delia   : “ mungkin demi di pamerin aja misal di  snap wa ini temen gue gitu/temenan tuh kayak gitu tujuannya kali “

Elis      : “lebih kayak buat kebutuhan dia doang /nggak tahu sebenarnya makna temen tuh kayak gimana gitu //fungsi teman kan bukan cuman buat ngisi hari lu/waktu lu di SMA /atau buat jadi teman sana sini /kumpul-kumpul/ bukan cuman kayak gitu lebih/ lebih dari itu kan sebenarnya pertemanan itu”

 

 

[Segmen 2]

[Pertemanan cewek lebih ribet dari cowok, Cara melebeli sahabat,Pertemana sehat dan Cara membangunnya] 

Elis     :”kita lanjut lagi nih gaes, ada pernyataan yang mengakatakan kalau pertemanan cewek itu lebih ribet daripada pertemaman cowok”

Elma   : “menurut gue nggak semua pertemanan cewek tuh ribet kayak kita kan kalau kumpul emang ribet/ ribet nya tuh gak kayak yang gimana gimana gitu/apa adanya aja udah gitu”

Elis     : “oke Ada yang enggak setuju sama pernyataan tadi kalau pertemanan cewek itu lebih ribet daripada pertemanan cowok “

Wiwin  : “kalau gue setuju si /karena kan gini loh kalau misalkan cewek nih ada masalah sama temennya kaya diam diaman dulu gitu kan /abis itu kaya egonya masing-masing digedein/ Siapa yang harus minta maaf nih/ Siapa yang Harus ngalah duluan gitu kan// Kalau cowok kaya lebih terbuka aja gitu loh/ kalau mereka punya masalah yauda di tunjukin /walaupun jalannya dengan cara kekerasan/menurut gue gak ribet aja gitu kalau punya masalah yaudah terbuka  gitu kan/di fix in mau musuhan atau nggk misalkan mereka baikkan lewat jalur ada orang yang penengah kayak gitu loh”

Elis      : “ iya kalau cewe tuh feeling nya atau perasaanya lebih dikedepankan dalam pertemanan ya/ nah Kalau cowok itu lebih ke logika/ lebih-lebih blak-blakan /kalau bercanda langsung to the point / jujur dan pembawaannya santai// jadi Menurut gua kalau pertemanan cowok itu nggak seribet dan gak sedrama cewek itu sih”

Elis      : “ pertanyaan lain gimana cara kalian ngelabelin orang itu sebagai sahabat ? “

Wiwin: “Waduh susah banget/pertanyaan menjebak kan”

Delia   : “hahahaha”

Elis      : “Kalau gua jujur/ gua belum bisa dan gue pengen shaering sama kalian semua gitu.”

Elma   : “ gue juga kayaknya gak punya sahabat deh/gue punya nya keluarga/kalian adalah keluarga gue anjaaay ”

Ladisa : “sahabat adalah keluarga yang kita pilih sndiri “

Elis      : “cara lu melabeli itu keluarga dan lu tarik jadi sahabat?”

Ladisa : “sahabait itu menurut gue, ketika gue nelpon jam berapa pun diangkat walaupun itu random”

Delia   : “Sorry ni gue selalu di silent Hp nya hahaha”

Elis     : “Berarti lu nggak masuk kriteria sahabat del hahaha”

Delia   : “ wei wei Kalau WA angkat coy hahaha”

Ladisa : “jujur ya gue agak trauma dengan kata sahabat / waktu SD pernah ada kita bikin Geng itu sahabatan ujung ujungnya setelah lulus pisah gitu loh/lost contact/dan ujung ujungnya kita cuman penonton insta story “

Elma   : “sahabat tuh orang yang bisa memposisikan diri dalam keadaan apapun”

Wiwin : “kalo sahabat menurut gue itu orang yang pengen gue jadiin tetangga /pas nanti kita masing-masing sudah berumah tangga hahaha”

Ladisa : “mau nambahin satu /lu bisa disebut sahabat ketika tanpa ngomong pun kita udah salah ngerti masing-masing// pernah kan kita ngobrol pakai bahasa mata Kalau di tempat rame ?/Kalau sama teman biasa itu nggak nyambung//cewek itu matanya main /dia satu kali ngedip artinya apa/ bola mata ke atas artinya apa //di angkot gibahin orang pakai gerakan mata hahaha”

Elis      : “ okei gue rangkum nih guys/pertama itu selalu ada/ yang kedua bisa memposisikan diri/yang ketiga nggak ngerti banget nih tentang personal kita/itu tapi tergantung atau balik lagi ke kaliannya karena setiap orang pasti punya caranya sendiri”

Elis      : “ Oke Next pertanyaan nih guys/Menurut kalian pertemanan yang sehat itu seperti apa sih ?”

Elma   : “yang nggak bayak drama”

Wiwin : “ yang bisa membawa kita ke arah yang lebih baik”

Elma   : “oh gue tau lis/pertemanan yang sehat adalah pertemanan yang selalu ngajak olahraga/sehat kan ? hahaha”

Ladisa: “ pertemanan yang sehat dan bervitamin hahaha/intinya gini /pertemanan sehat adalah pertemanan yang bisa memajukan lu untuk kedepannya /pertemanan yang bisa membuat lu berkembang dan menjadi lebih baik lagi”

Elis      : “dan cara untuk membangun pertemanan yang sehat Itu/ pertama harus percaya dulu sama orang-orang di circle kita /terus kita harus mencoba menerima /dan saling belajar bareng / tumbuh bareng di situ / saling bisa ngambil sesuatu yang positif dari satu sama lain ya buat kedepannya /terus kita juga harus banget nih mulai sekarang / tanamkan lagi sikap menghargai/ sering banget kita harus ngomong maaf/ tolong /Makasih yang hal-hal sepele kayak gitu yang harus kita tanam lagi mulai sekarang / kita juga jangan egois/ dan ini jangan kayak menaruh ekspektasi berlebihan sama seseorang/karena kalau gak sesuai kita juga yang kecewa”

Ladisa  : “iya/Pertamanya tuh berteman sama siapa aja/ tapi jangan lupa filter/ sebelum kita menuju ke hubungan pertemanan kita /kita perlakukan dulu semua orang itu seperti manusia /dengan attitude dan segala macam yang kita punya/ketika hubungan kita sudah mulai berkembang menjadi teman /dan saling memiliki manfaat satu sama lain/nah itu baru yang disebut sehat."

 

 

[Segmen 3]

[ciri – ciri fake friend, tanda terjebak dalam circle yang toxic dan cara mengindari circle pertemanan yang toxic] 

Elis      : “nah/tadi kan udah ngebahas pertemanan yang sehat segala macam nih, tapi ternyata ada ciri-ciri kita bisa tahu loh seorang itu sebagai toxic friend atau bukan/ ciri-ciri Toxic friend yang pertama/ mereka tuh suka membuat drama-drama yang gak penting/ jadi energy Lu tuh akan habis buat ladenin orang-orang yang ngebuat drama nggak penting itu / kedua/mereka hampir gak mau mengakui apalagi mensupport saat lu dapat pencapaian yang besar gitu atau prestasi yang bagus/ Dia lebih ke tidak peduli malah sama pencapaian lu/

Ladisa : “ jahat banget// seringnya gini bukan cuman gak peduli malah lebih merendahkan// ketika kita mendapat achievement apa ya kayak / ya Allah cuma segitu doang /itu pasti sering terjadi si”

Elis      : “ yang ketiga nih mereka tuh nggak mau disalahin atau playing Victim/Jadi ego mereka tuh tinggi/ ngerasa kalau hidupnya itu paling berat/ tanpa memperdulikan temen-temen yang lain gitu// Jadi semua yang muncul di hidupnya Itu masalahnya ya bukan karena dia tapi menyalahkan orang lain/ yang keempat tuh mereka munafik atau berpura-pura//Kenapa mereka berpura-pura? karena mereka tahu /gue tuh lagi manfaatin dia/ gimana caranya dia nggak tahu nih kalau lagi manfaatin dia kayak gitu sih// yang kelima mereka ngerasa kalau lu tuh bukan temen/ tapi malah jadi kompetitor/ bener nggak ?”

Ladisa  : “ kalau kayak gitu Kayaknya sih gue pernah //Cuman karena gua bukan orang yang terlalu memikirkan perasaan orang lain /mereka berpikir apa untuk mereka? Jadi gue nggak tahu dengan jelas ini apa ? analisis babu gue aja gitu //Kayaknya dia fake friend deh”

Elis      : “mereka tuh kayak enggak ditunjukin secara terang-terangan sih /cuman mereka tuh iri gitu sama pencapaian lu //padahal lu nya sendiri itu enggak mamerin pencapaian lu ke temen lu yang iri itu”

Elis      : “Terus next nya nih/ ciri-ciri yang lainnya mereka itu ngebuat lu malu dan insecure/ kenapa bikin malu ya? karena perkataan mereka yang meremehkan/ nganggep lu itu sebagai pelengkap aja lah di circle lu / gak terlalu penting gitu//terus kalau ketemu/ ya udah gitu loh bukan ngerasa Abis lu ketemu orang itu bukan kebahagiaan yang lu dapat /tapi malah rasa malu yang makin menumpuk “

Ladisa : “Gue pernah lis ada satu kejadian/ di mana Gue ngerasa kayak gini/ dia datang ke hidup gue cuma buat ngerendahin gua doang //ada satu kejadian/ ketika gue bertemu dengan seseorang/ awalnya orang itu alasan dia berteman sama gue/ Karena gue di cap pinter sama dia// terus dia mencoba untuk belajar barang /ini itu/ tapi makin hari dia ke gue itu mulai tentang mengomentari fisik gue /body shaming /ketika gue mendapat pencapaian contoh kecilnya nilai lah ya/ Misalnya gue dapat nilai bagus di pelajaran tertentu/dia kaya ih ya lu pinter/nilai lu bagus/coba perbaiki fisik// cowok itu nggak akan ada yang mau sama cewek pintar /tapi jelek /kayak gitu/ tapi gendut/ lu putih tapi muka lu jerawatan/ itu serius sampai separah itu// gue pernah ngalamin/ dan  gue kayak oh oke... skip skip/ kalo gue ngobrol sama dia terus-terusan/ makin hari gue bakal  ngerasa diri gue jelek dan makin gak berguna banget// iya oke gue mensyukuri Badan gue kayak gini/ tapi kalau terus-terusan dikatain /lo jelek /lo gendut /Muka lo jerawatan/lama lama Gue juga oleng lah/ emang gue sejelek itu? gue emang tidak semenarik itu?”

Elis      : “ wah bener itu cara lu udah bagus banget skip langsung/gak usah gak enakan buang aja udah hahaha”

Ladisa: “ tapi emang masalah orang – orang sekarang ini tuh/ sifat gak enakan/gue paling sebel banget ketika ada orang yang padahal dia nggak nyaman/ Tapi dia nggak mau keluar cuma gara-gara kata nggak enakan//ada mungkin suatu saat nanti /gua bakal butuh dia// itu yaudah sih kalau misalnya lo nanti suatu saat bakal butuh dia/ Ya udah/ Maksudnya itu Kapan? Itu kan nanti gitu//dan kenapa lo harus tersiksa dulu sekarang? hanya untuk sesuatu yang belum pasti terjadi//

Elis      : “Bener banget si//kita tuh harus harus tegas sama diri kita sendiri ya/Gua nggak butuh dia/pasti gua nggak butuh dia/ Gua bisa sendiri /Kenapa nggak kita tanemin sikap kayak gitu//

Elis      : “ciri yang terakhir nih// dicircle lu ini lu gak bisa jadi diri sendiri/ akan dituntut jadi seseorang yang mereka inginkan/ kamu tuh nggak bisa mengekspresikan diri kamu sendiri/ jadi kamu tuh kayak apa-apa diatur sama Mereka gitu /pernah enggak kayak gitu?” 

Ladisa : “Kalau gue sih nggak sampai gue berubah //cuman gue pernah ada di suatu saat /ketika orang ini masih orang yang sama/ yang tadi ngata-ngatain gue itu ya/ dia mencoba untuk menyetir gue/ coba sih lo kalau bisa di depan orang lebih kayak gini/ bisa nggak sih kalau ngomong tuh lebih kayak gini/ gue kan orangnya blak-blakan/ dan kalau ngomong bener-bener apa yang gue rasaian gue utarain kan/ terus dia mencoba buat menyetir gue //coba sih lu bisa nggak sih/istilahnya pakai bahasa lebih menghormati orang lain dengan jangan jujur gitu// menurut gue kebohongan itu bukan hal yang dilakukan untuk menghormati orang lain gitu/ kita tidak bisa menghormati orang lain dengan kebohongan/ apalagi orang itu bukan orang yang pantas untuk dihormati gitu.”

Elis      : “itu udah keren sih/ maksud gua/ lu udah tahu /udah paham nih lagi disetir sama orang lain/ lagi di paksa  berubah jadi yang lain nah/masalahnya pasti ada orang-orang yang gak kayak lu/ yang kayak nggak sadar/ kalau mereka lagi di setir/ mereka Nggak sadar kalau kalau mereka tuh bukan jadi diri mereka sendiri/dan ada juga yang udah nyadar tapi mereka diem// kenapa? karena mereka tuh enggak mau orang lain pergi/mereka takut gak di temenin”

Elis      : “setelah tadi nih kita bahas soal/ Aduh Toxic Toxic begitu/dan sekarang cara kita keluar nih/ dari circle yang Toxic ini/ gua batesin dulu ya/ pertama ada orang nyadar sama circle yang udah Toxic/ kedua ada yang belum belum nyadar/ /nah gua bahas dulu yang belum nyadar ya/nih tanda-tanda nya kalau lu udah tak stuck di circle lu yang kurang membangun//pertama tuh kalau lu ketemu ama mereka// lu kayak terpaksa sabar// ngadepin temen temen lu//yang kedua/ kalau berbicara /atau ngomong /dari sudut pandang mereka sendiri tuh kayak semaunya seenaknya gitu/ mereka tuh memperlakuka lu kayak suka - suka gue lah/nggak usah mikirin perasaan lu gitu //Yang ketiga tuh/ sering banget menyela pembicaraan yang serius //misalkan lu tuh lagi butuh banget dengerin curhatan nya/ atau pembicaraan yang memang benar-benar serius// tapi/ teman lu itu nggak mau dengerin/ bahkan nggak mau nanggepin lu// terus ada lagi nih//misalkan/ temen lu lagi bucinnya parah banget gitu/ ngungkapin curhatannya terkesan itu enggak dewasa banget gitu //dan omongan-omongan/ atau curhatannya itu /ya...itu-itu aja gitu/ sama sekali nggak ada faedahnya kalaupun dicurhatin //karena terlalu lebay lah gitu itu istilahnya// yang kelima tuh/ sering banget ngegosip/Jadi dari gosipan ini Secara nggak langsung ngebuat elu tuh jadi seseorang yang sentimental /yang cepet banget nge-judge orang lain/ bahkan sampai nimbulin pribadi yang rasis gitu//

Ladisa: “ gue mau manbahin biasanya kalau toxic friends /saat kita punya masalah apa di apa sih kayak cenderung ngerendahin kita/ segitu doang mending/ yaelah lu mah masi Mending //kata-kata mending/ kata-kata belum seberapa// kayak seolah-olah dia itu lebih banyak penderitaannya/ itu bukan apa-apa dibandingkan hidup dia gitu// itu sering terjadi//

Elis      : “oke/dan tanda-tanda yang selanjutnya nih berpura-pura bahagia// karena lu tuh masih ngebutuhin pertemanan itu/padahal lu tahu itu nggak baik tapi lu nggak bisa keluar/ karena lu masih butuh pertemanan itu terus//dan tanda yang selanjutnya lagi nih//Mereka tuh selalu nyuruh lu peka dan ingin dipahami /tapi dia nggak mau berbalik/ timbal-balik pengen dimengerti Tanpa mereka mau mengerti lu gitu”

Ladisa : “jatohnya kayak  hubungan satu arah ya”

Elis      : “ nah tanda yang terakhir banget nih//bermuka dua//udah nusuk dari belakang lah / jadiin lu kambing hitam// itu sih tanda-tandanya kalau kalau lu belum nyadar ya...//Nah kalau udah nyadar nih caranya gimana Menurut lo ci ?”

Ladisa : “ menurut gue sih/karena gue orangnya ini ya masih kayak nggak tau dah nyebut diri gua apa/ mungkin sedikit frontal ya/ Ya udah langsung skip aja//gue pertama yang bakal lakuin adalah gue omongin// apa yang gue nggak suka dari sikap dia misal nggak suka ketika lo a-b-c-d gua omongin// karena itu temen gue yang waktu itu mengomentari fisik gua/ Ya udah emang kenapa kalau gue gendut/ atau kenapa kalau emang muka gue jerawatan/toh gue itu masih lebih cantik dari lo/ sekalian tuh gw bumbuin karena ada gue udah kesel waktu itu// Terus yang kedua/ kalau misalnya Setelah gua omongin dia tetap melakukan hal yang sama/ udah berarti /gue anggap dia gak ada/ Kalau gue sih sesimpel itu// kita nggak perlu kok nggak perlu  musuhin /nggak perlu ngejauhin/ cukup ketika dia butuh ke kita udah/ kita nggak usah bantu dia lagi// Kalau gue/ itu Cara yang paling efektif// cuman sayangnya/Kebanyakan orang tidak bisa melakukan hal seperti gue// Iya soalnya gini /banyak gitu temen-temen sekelas gue/ atau yang  sering curhat ke gue/ya lebih kaya tempat konsultasi deh kayaknya kalau gue//itu banya kayak yang enggak bisa kayak gue gitu//mereka kayak nggak enak kalau mau ngomong/Nanti kalau dia marah/ terus dia balik ngelabrak gue gimana?/ ketakutan-ketakutan yang sebenarnya kemungkinan besar itu tidak akan terjadi gitu//

Elis      : “Dan kalaupun terjadi/ya... harus terima /itu kan konsekuensinya keluar dari situ/ lu berani ngambil keputusan itu/ ya terima resikonya// harusnya seperti itu/ cuman kan kebanyakan masih takut dan masih butuh pertemanan itu//dan kalaupun gua Gua nggak butuh juga gue takut banget nih gua dimusuhin/ atau gue takut banget nantinya gua bakal nggak punya temen/gua bakal susah sendiri//padahal kan nggak  se compleceted yang dia pikir”

Elis      : “Iya/ jadi cara keluarnya pertama/ harus tegas ya /udah tau ini toxic lu harus tegas/lu mau keluar dari circle itu/ lu berani /lu jadi orang yang nggak Enakan itu/lu skip dulu haha/lu harus jadi orang yang enakan gk usah jadi orang yang gak enakan”

Ladisa : “ gini/ lu nggak enakan sama orang lain/ tapi lu semena – mena sama diri lo sendiri/

Elis      : “ jadi/nggak usah terus-terusan /jadi Apa yang orang mau gitu// karena ini kan buat lu sendiri/maksudnya toxic nya tuh lu rasain buat diri sendiri tapi lu gak mau keluar dari situ/ malah terus lu tanem tiap harinya/bukan membangun kan jadinya//malah ngebuat lu jadi orang lain/insecure banyak banget deh dampak negatifnya”

Ladisa : “susah juga sih lis/emang kita ini terjerat oleh kebutuhan social// di mana teman yang banyak itu membuat kita terpandang lebih di tempat orang lain/ misal gini kalau lu masuk ke geng ini lu keren/ ada stereotip kayak gitu setiap lingkungan/selalu ada gitu”

Elis      : “jadi intinya tuh/ harus berani/ harus tegas/ harus jadi diri sendiri// Ini buat hidup lu/lu sendiri yang tentuin/ kalau lu nggak keluar sekarang juga ya lu bakal selamanya nggak bakal tumbuh di pertemanan itu //gitu ya cara-cara Ya... mungkin cara simpel nya lah ya.../ kalau cara-cara lebih spesifik kurang mengerti lah ya //

Ladisa :” karena kita juga berdasarkan pengalaman pribadi”

Elis      : “nah real friends vs fake friends itu//balik lagi ke diri lu sendiri ya// jadilah seseorang yang benar-benar jadi real friends nya buat orang lain/ sebisa mungkin jauhi Toxic Friend /dan jangan jadi fake friend nya buat orang lain//

Ladisa : “ karena kita akan menuai apa yang kita tanam/hahaha/ gue suka bagian ini berasa pinter banget gue”

Elis      : “bijak banget ye... hahaha”

Ladisa : “iya dong hahaha”

 

 

[Closing]

Elis      : “oke guys/Kita udah sampai di ujung podcast gua nih// panjang banget kan kita ngomongin dari mulai//Apa itu teman /sampai terakhir itu cara membangun pertemanan yang sehat /dan menghindari Toxic friend/ makasih banget /buat bintang tamu/ bintang tamu/ gue yang kece parah nih.../ semua pengalamannya/ semua perspektifnya/ Semoga nanti podcast ini bisa membuka mindset/ atau bisa mengedukasi diri sendiri/ dan juga mengedukasi orang-orang sekitar/ makasih banget /buat ladisa/ Wiwin/ Elma/sama Delia yang udah mau join di podcast gua// Makasih guys...." 

Delia   : “sama-sama”

Wiwin : “sama-sama”

Elma   : “ yo/thakyou”

Elis      : “oke/kita tutup ya.../see you....”

Delia   : “see you”

Ladisa : “jangan lupa /mampir di podcast gua juga ada di spotify”

 

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  3. Balasan
    1. aseek bintang tamu kitaa niiich iya sepanjang pahala kita aminn

      Hapus
  4. Pembahasannya ok nih, hehehe, apalagi yang ada gw nya. Semangat terus lis ditunggu konten selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. idiiiw wkwk siap syg sabi sabi otw collab lagi kuy

      Hapus
  5. Mantap ni bahasannya, asyik dan mendidik

    BalasHapus
  6. Suka banget sama topiknya 😭😭 thanks yaa. Ditunggu podcast selanjutnya uhuyy

    BalasHapus
  7. Semangat Ya beb, Love u #Bri;)

    BalasHapus

Posting Komentar